Powered by Blogger.
Home » » Trump Sumbangkan Gaji Rp5,3 Miliar Untuk Rakyat AS

Trump Sumbangkan Gaji Rp5,3 Miliar Untuk Rakyat AS

Washington DC - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan menyumbangkan gajinya sebagai presiden, untuk amal pada akhir tahun nanti. Gaji tahunan Trump sebagai Presiden AS mencapai US$ 400 ribu atau setara Rp 5,3 miliar.

"Niat presiden adalah menyumbangkan gajinya pada akhir tahun," tutur Sekretaris Pers Gedung Putih, Sean Spicer, kepada wartawan dalam konferensi pers seperti dilansir AFP, Selasa (14/3). 

Dituturkan Spicer, bahwa Trump menginginkan media, yang sering dia kritik, untuk membantu memilih yayasan amal yang akan menerima sumbangannya.

"Secara baik-baik, dia meminta Anda semua membantu untuk menentukan ke mana gaji itu akan disumbangkan," ucap Spicer, yang tergolong pernyataan langka karena selama ini Trump maupun Gedung Putih kerap cekcok dengan media.

"Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghindari kritikan adalah membiarkan korps pers untuk menentukan ke mana gaji itu akan disumbangkan," sebutnya.

Pernyataan Spicer itu sedikit mengandung sindiran, karena sebelumnya sumbangan Trump dan pengelolaan yayasan keluarga milik Trump kerap dikritik media-media AS.

Beberapa kali semasa kampanye pilpres tahun lalu, Trump mengutarakan niatnya untuk tidak mengambil gajinya sebagai presiden. Dia bahkan bersumpah hanya akan mengambil jumlah minimum yang diatur hukum, yakni US$ 1 saja.

Sebelum Trump, presiden-presiden AS lainnya seperti Herbert Hoover dan John F Kennedy juga menyumbangkan gaji mereka sebagai presiden untuk amal. ** dc

0 comments:

Post a Comment