Powered by Blogger.
Home » » Tol Medan - Binjai Terhambat Pembebasan Lahan

Tol Medan - Binjai Terhambat Pembebasan Lahan

Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya menambah panjang jalan tol di Indonesia untuk meningkatkan konektivitas guna memperlancar distribusi dan menurunkan biaya logistik barang dan jasa. Namun, sejumlah ruas tol yang menghubungkan Binjai - Medan masih terhambat pembebasan lahan.

Salah satu pembangunan jalan tol yang saat ini sedang dipercepat pembangunannya adalah Tol Trans Sumatera yang akan menghubungkan kota-kota di Sumatera mulai dari Banda Aceh sampai Lampung.

Hari ini, Rabu (5/4), 4 menteri yakni menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuk Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil menyambangi proyek jalan tol Medan-Binjai, bagian dari tol Trans Sumatera.

Saat ini proses pembangunan masih terkendala pembebasan lahan. Namun, ada sejumlah seksi yang pekerjaan konstruksinya sudah mulai menunjukkan hasil. Yakni seksi 2 tol Medan-Bijai dengan rute Helvetia–Semayang sepanjang 6,18 kilometer (km) dan Seksi 3 Semayang–Binjai sepanjang 4,28 km.

Dari pantauan di lokasi, mesikpun belum sempurna, namun tampak badan jalan sudah mulai terbangun. Tampak juga bangunan yang nantinya bakal difungsikan sebagai gerbang tol.
Ruas ini menjadi bagian dari sejumlah ruas yang akan difungsikan secara darurat untuk melayani pemudik di Pulau Sumatera. ** dns/dc

0 comments:

Post a Comment