Powered by Blogger.
Home » » Pendaftaran SBMPTN Dibuka Mulai Selasa

Pendaftaran SBMPTN Dibuka Mulai Selasa

Jakarta - Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) mulai dibuka hari ini, Selasa (11/4). Para lulusan SMA tahun 2015, 2016 dan 2017 dapat segera mendaftar secara online di www@sbmptn.ac.id

"Peserta lebih baik segera mendaftarkan diri," ungkap Ketua Panitia Pusat SNMPTN/SBMPTN, Prof Dr Ravik Karsidi, MS kepada wartawan di Rektorat Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

Menurut Ravik, para calon peserta sering mendaftar menjelang hari-hari terakhir atau penutupan. Dia mengimbau agar calon peserta segera mungkin mendaftarkan diri. "Sebaiknya segera saja, karena untuk mengantisipasi kalau jaringannya penuh, nanti akan kesulitan masuk," kata Ravik.

Panitia juga bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dan PT Telkom untuk membantu calon peserta di daerah yang belum terkoneksi internet.

"Biasanya di daerah Indonesia Timur. Nanti kita datangi sekolah-sekolah itu, kita bawakan komputer atau laptop. Internet juga disediakan Telkom," katanya

Panitia memprediksi ada sekitar 750 ribu peserta secara nasional. Sedangkan kuota penerimaan mahasiswa baru (maba) hanya sekitar 128 ribu.

"Sama seperti tahun lalu, ada 42 panitia lokal. Jumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sekarang ada 85 dengan keikutsertaan ISI (Institut Seni Indonesia) dan ISBI (Institut Seni Budaya Indonesia)," ungkap dia.

Dia mengatakan pendaftaran akan ditutup pada 5 Mei 2017 mendatang. Tes SBMPTN akan dilaksanakan dengan sistem Paper Based Testing (PBT) dan Computer Based Testing (CBT) pada 16 Mei 2017.

Untuk beberapa program studi akan diadakan tes keterampilan pada 17-18 Mei 2017. Hasil akan diumumkan melalui website sbmptn.ac.id pada 13 Juni 2017. Panitia membuka layanan informasi di halo.sbmptn.ac.id dan call center 0804-1-456-456, serta melalui akun Facebook SekreSBMPTN atau Twitter @SekreSBMPTN.** dc

0 comments:

Post a Comment