Powered by Blogger.
Home » » Abdul Wahab Dalimunthe Gantikan Ruhut Sitompul

Abdul Wahab Dalimunthe Gantikan Ruhut Sitompul

Jakarta - Dua kader Partai Demokrat resmi dilantik menjadi anggota pengganti antar waktu (PAW) DPR RI. Mereka adalah Abdul Wahab Dalimunthe (78), menggantikan Ruhut Sitompul dari Dapil Sumatera Utara dan Roy Suryo menggantikan Ambar Tjahyono dari Dapil Daerah Istimewa Yogyakarta.

Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan memimpin langsung proses pengucapan sumpah keduanya di sela Rapat Paripurna DPR di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Kamis (6/4).

"Anggota antar waktu akan mengucapkan sumpah dan janji. Apakah rapat paripurna setuju dengan pelanitkan?" tanya Taufik yang dijawab pekikan setuju peserta sidang.

Abdul Wahab Dalimunthe merupakan putra terbaik Labuhan Batu, Sumatera Utara. Awalnya, beliau menjabat sebagai Sekda Labuhan Batu, kemudian Sekdapropsu dan Wagubsu. Terakhir pernah memimpin Partai Golkar Sumut dan tak lama kemudian hijrah ke Partai Demokrat dan menjadi anggota DPR RI dua periode.

Ruhut Sitompul diketahui memilih mengundurkan diri dari keanggotaan di DPR RI karena berseberangan dengan arahan partai di Pilgub DKI 2017.

Saat itu Ruhut memilih mendukung Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ketimbang mengikuti arahan partai yang mengusung putra sulung Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Sementara Ambar Tjahyono yang dituduh melanggar pakta integritas Demokrat, masih belum terima dengan penggantian ini. Ia melalui kuasa hukumnya bahkan melakukan gugatan gugatan perdata kepada tiga pihak, yakni KPU, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan Roy Suryo.

Gugatan ke KPU tengah berjalan di PTUN Jakarta. Sedangkan gugatan kepada SBY di PN Jakarta Pusat dan gugatan ke Roy Suryo dilayangkan ke PN Sleman, DIY. Ketiga gugatan itu tengah dalam proses di masing-masing tempat. ** rmol/aaa

0 comments:

Post a Comment